Dalam suasana maha pesta demokrasi pemilihan orang nomer satu di Indonesia, terlihat pula pesta demokrasi nan sederhana di lingkungan FTI UII. Acara pemilihan ketua Himpunan Mahasiswa (HM) dari salah satu prodi di FTI UII. HMTI, ya, nama dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ini tengah menggelar acara dalam rangka memilih ketua himpunan periode 2014-2015. Acara pemilihan ketua HMTI kali ini diselenggarakan di Hall FTI, dengan disediakan dua bilik sederhana untuk pencoblosan. Terlihat beberapa panitia penyelenggara tengah mengurusi proses pencoblosan.

Panitia yang menyelenggarakan  acara pemilihan ketua HMTI ini terdiri dari seluruh anggota magang HMTI yang berjumlah sebelas orang dan ketua bidang PSDM yang bertugas sebagai KPU. Menurut keterangan dari salah satu anggota KPU yang tidak bersedia disebutkan namanya, kepanitiaan ini terbagi dalam tiga bidang yang masing-masing memiliki penanggungjawab, antara lain adalah Agung, Zerry dan Noora sebagai penanggungjawab kampanye, kemudian zikrie sebagai penanggungjawab debat, dan Mitasya Susilo sebagai penanggungjawab pencoblosan. Pembagian anggota pada masing-masing bidang berbeda jumlahnya, berhubung bidang kampanye mempunyai tugas yang relatif berat maka bidang tersebut merupakan bidang yang paling banyak anggota panitiannya.

Acara pemilihyan ketua HMTI dibagi dalam beberapa tahap. Yang pertama adalah pendaftaran bakal calon ketua HMTI. Pada tahun ini hanya ada tiga kandidat yang mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua HMTI. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tidak dilaksanakan seleksi lanjutan dan bakal calon langsung resmi menjadi calon ketua HMTI. Menurut keterangan narasumber, apabila terdapat bakal calon lebih dari tiga orang, maka akan dilakukan seleksi hingga terpilih tiga orang sebagai calon ketua HMTI. Tahap selanjutnya adalah perekapan data dari para calon setelah mengungkapkan visi, misi dan pengetahuan mengenai HMTI.

Pengenalan calon ketua HMTI dengan beberapa media merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya. Penyebaran poster-poster lewat mading adalah salah satu media pengenalan calon ketua HMTI, media lainnya adalah melalui  kampanye di kelas-kelas, meskipun kampanye ini dinilai kurang efektif dikarenakan jadwal kuliah antar kandidat yang berbenturan. Untuk solusi dari permasalahan ini maka HMTI mengadakan debat calon yang diadakan di Auditorium FTI pada tanggal 26 Juni 2014 yang berjalan lancar.

Tak cukup dengan kampanye dikelas dan dengan debat saja, pengenalan calon ketua HMTI juga dilakukan melalui berbagai media sosial. Setelah dilaksanakannya tahap ini, diharapkan seluruh anggota HMTI telah mempunyai gambaran mengenai siapa yang akan mereka pilih. Tahap yang sangat menentukan dari proses pemilihan ini adalah tahap pencoblosan. Semua mahasiswa Teknik Industri UII memiliki satu hak suara untuk memilih. Dari hasil pencoblosan ini maka akan direkap untuk mengetahui siapa yang mendapatkan suara terbanyak. Setelah mengetahui hasil dari tahap pencoblosan maka akan diadakan serah terima jabatan sebagai peresmian ketua HMTI yang baru.

Siapapun yang terpilih menjadi ketua HMTI tentu saja diharap bisa menjadikan Teknik Industri UII menjadi lebih maju. salah satu harapan dari narasumber yang tidak berkenan disebutkan namanya mengatakan, “ ketua HMTI harus bertanggungjawab, mempunyai inovasi untuk proker HMTI kedepannya, diharapkan mampu menghilangkan jam karet dan juga mampu menghilangkan kelompok-kelompok  antar anggota HM dengan pengurus HM dan pastinya harus bisa dipercaya”. Laila, salah satu anggota HMTI memiliki harapan yang berbeda, “Teknik Industri makin kompak, event-eventnya makin seru dan banyak dan semoga bisa membawa Teknik Industri UII menjadi lebih baik” tutur laila. Begitu banyak harapan dari semua anggota HMTI kepada ketua HMTI yang akan terpilih kelak, semoga harapan-harapan itu tidak sekedar menjadi harapan yang cukup dilisankan saja tetapi menjadi suatu harapan yang berubah menjadi kenyataan-kenyataan.(Retno)

Bagikan: