Sumber: tweets.seraph.me
Baru beberapa saat yang lalu Android KitKat diluncurkan, sekarang muncul rumor bahwa Google akan mengeluarkan Androidversi terbaru. Ponsel Android KitKatsaja belum terbeli, bahkan belum pernah menyentuh, sekarang malah sudah ada kabar bahwa versi terbaru akan hadir. Begitulah berita ini membuat “galau” banyak orang.
Terlepas dari kontroversi apakah pembaca pernah memakai Android KitKat atau belum, Google saat ini memang dikabarkan sedang mengembangkan operating system (OS) terbaru mereka untuk menganyari Android KitKat yang baru saja diedarkan. Tidak banyak orang tahu alasan Google ingin dengan segera menghadirkan sistem operasi terbaru untuk ponsel Android tersebut. Namun, dari bocoran yang beredar, sistem operasi baru yang nantinya akan menggantikan Android KitKat adalah sistem operasi bernama Android 4.5 Lollipop.
Penamaan ini masih sebatas gosip, karena menurut penamaan yang telah ada. Google selalu menamai sistem operasi buatanya dengan nama makanan dan selalu berurutan abjadnya dari huruf A sampai sekarang K (KitKat). Oleh sebab itu, sistem operasi berikutnya pasti akan dimulai dari huruf “L”
Hal baru yang akan dilakukan Google pada sistem operasi terbarunya, Android 4.5 Lollipop adalah tampilan standar dari sistem operasi ponsel tersebut. Tampilan yang terbilang baru ini sudah bocor ke pihak media dan telah dimuat di Phone Arena.

Bocoran tersebut menunjukan jika tampilan antar muka Android 4.5 akan mempunyai bermacam ikon baru yang lebih sederhana  dan menarik. Beberapa komentar menyatakan, desain ikon tersebut sangat sederhana, flat, dengan warna-warna yang lebih kontras daripada ikon-ikon yang bisa dilihat pada Android sekarang.

Ada beberapa ikon yang sangat menarik yaitu ikon pada Google Maps, Kalender, dan juga ikon layanan Google lainnya. Ikon-ikon tersebut tampak seperti ikon-ikon yang sering didapati pada laptop dan komputer di rumah. Namun, walau begitu tidak bisa dipastikan jika ikon-ikon tersebut nantinya akan digunakan pada Android 4.5 Lollipop yang terbaru, karena memang belum ada penjelasan resmi dari pihak Google yang mengiyakan atau membantah prediksi tersebut.
Yang banyak diperkirakan orang adalah korelasi antara keputusan terburu-buru Google memperbaharui sistem operasinya, padahal KitKat belum genap setengah tahun beredar di pasaran dengan rencana Google yang akan meluncurkan jam pintar Android Wear yang saat ini sudah diperkenalkan walau memang belum beredar di pasaran. 

Banyak pihak memperkirakan bahwa sistem OS terbaru dari Google ini memang dipersiapkan untuk dipasangkan dengan Android Wear tersebut. Untuk pengumuman resmi tentang kejelasan Android 4.5 ini Google akan mengumumkannya pada konferensi Google I/O Juni ini. (Muhammad Ardi)