SETELAH mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Pesona Ta’aruf (PESTA) UII pada 3-4 September 2014, mahasiswa dan mahasiswi baru FTI UII diharuskan mengikuti Pekan Ta’aruf (PETA) FTI UII 2014 yang diadakan pada 8-9 September 2014. Setiap maba-miba FTI UII disyaratkan untuk membawa serta atribut dan beberapa barang bawaan yang telah diberitahukan kepada peserta PETA FTI UII pada saat technical meeting pada 6-7 September 2014.
Atribut PETA FTI UII 2014 kali ini mengusung tema Budaya. Di dalam atribut tersebut juga terdapat unsur 5 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) FTI UII, yaitu Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri dan Teknik Kimia. Tahun ini dipilih tema budayakarena menurut Komisi B yang mengatur tentang ketentuan atribut tahun ini, merupakan tema yang sederhana sehingga tidak merepotkan mahasiswa-mahasiswi baru.
Pada tahun ini ada yang berbeda pada atribut peserta PETA FTI UII 2014 dari tahun sebelumnya, yaitu nomor jemaah yang terdapat di atas kepala maba-miba.Padamaba, nomor Jemaah disematkan di peci. Sedangkan pada miba, nomor jemaah disematkan pada pita yang ditaruh diatas kepala. Hal ini dimaksudkan oleh panitia untuk memudahkan para wali jemaah untuk menemukan para anggota jemaahnya.
Hal lain yang terkait dengan atribut, stempel merupakan hal yang wajib ada di co-card peserta.  Stempelinidimaksudkansebagaitandalegalisasiatributpeserta PETA FTI UII 2014 agar tidakadapihakdariluarFTI UII yang membuat atribut secara illegal dengan harga di atas standar. Namun, disisi lain sudah menjadi budaya bahwa setiap tahun selalu ada pihak-pihak yang juga menyediakan jasa pembuatan atribut untuk maba-miba PETA FTI UII. Pihak-pihak tersebut diantaranya adalah kelima HMJ yang ada di FTI UII. Menanggapi hal tersebut, komisi B mengatakan bahwa panitia tidak bias menghindari hal tersebut mengingat bahwa panitia PETA FTI UII 2014 juga merupakan anggota dari kelima HMJ yang ada di FTI UII. Maka dari itu pihak komisi B tidak secara tegas melarang pihak HMJ untuk menyediakan jasa pembuatan atribut peserta PETA FTI UII 2014. Hal tersebut juga dikarenakan keuntungan yang diperoleh dari kegiatan tersebutakan digunakan oleh pihak HMJ untuk kegiatan mahasiswa, bukanuntukpribadi.
Sejauh ini, tidak ada peserta PETA FTI UII 2014 yang mengeluhkan tentang masalah atribut kepada panita. Namun terkadang masih banyak juga mahasiswa baru yang tidak melengkapi atributnya ataupun tidak menggunakan atribut sesuai dengan yang telah ditetapkan panitia, sehingga mereka harus menanggung resiko mendapat sanksi dari Departemen Penertib Lapangan (DPL). (Ryan, Farida)
Bagikan: