“Fungsi mahasiswa dasar yaitu ada tiga, sebagai Agent of Change, Agent of Control, dan Iron Stock…”
 
PESONA Ta’aruf (PESTA) 2014 telah selesai dilaksanakan, tiba saatnya mahasiswa dan mahasiswi baru (maba-miba) mengikuti ospek fakultas. Ospek fakultas di lingkungan FTI dinamakan Pekan Ta’aruf (PETA) 2014. Pembukaan PETA 2014 ini dibuka oleh Dekan FTI, Imam Djati Widodo, dengan ditandai pelepasan balon yang langsung disambut dengan meriah oleh peserta PETA. Sinar mentari yang mendukung tidak mengurangi kemeriahan Pembukaan PETA 2014 yang sedang berlangsung.
                Acara PETA 2014 berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 8-9 September 2014 di kampus UII terpadu. Instruksi Departemen Penertib Lapangan (DPL) menandai para maba-miba bersiap untuk memasuki kampus, mengikuti PETA 2014. Teriakan “Aku Cinta FTI UII” terdengar disepanjang jalan menuju  gedung FTI dari boulevard kampus sebagai semangat para maba-miba. Terlihat juga departemen kesehatan  membantu peserta maba-miba yang kurang sehat.
Acara pertama dalam acara PETA 2014 hari pertama adalah acara pembukaan. Pembukaan PETA dimulai sekitar pukul 7 pagi. Pada acara pembukaan PETA, ada sambutan dari ketua Organizing Committee, ketua Steering Comitte, ketua umum Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), dan perwakilan ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Acara sambutan ditutup oleh sambutan dekan FTI dan membuka acara PETA secara simbolis.
Menurut Muhammad Adhi Rizal sebagai ketua Steering Committee (SC), PETA merupakan langkah-langkah awal maba-miba untuk mengarungi lika-liku kehidupan kampus. Dia juga menambahkan bahwa para maba-miba sudah masuk di kampus perjuangan yang nantinya menjadi pelopor catatan sejarah di dunia perkuliahan.
Fungsi mahasiswa sekarang sudah mulai terdegradasi seiring perkembangan zaman. Fungsi mahasiswa dasar yaitu ada tiga, sebagai Agent of Change, Agent of Control, dan Iron Stock tambahnya.  Swasono Alam Asri Wibowo, perwakilan DPM, juga mengatakan bahwa dalam dunia kampus tidak hanya berpikir dan aktif dalam akademis tapi juga harus berpikir kritis dan aktif dalam dunia non akademis.
                PETA pada tahun ini tidak banyak mengalami perubahan pada PETA 2013, perbedaan hanya terlihat pada saat pembukaan acara secara simbolis. Apabila PETA 2013 dibuka dengan pelepasan 2 burung dara, PETA kali ini dibuka dengan pelepasan balon ke udara. Kuantitas peserta PETA tahun ini meningkat dibanding dari tahun sebelumnya. Peserta yang terdaftar kurang lebih 1.152 orang dan terbagi menjadi 24 jamaah. Setiap jamaah terdiri dari 48 orang atau lebih. Peserta PETA sendiri berasal dari 5 jurusan yaitu Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin.               
                Dalam sambutannya, Imam Djati Widodo mengatakan kepada maba-miba untuk perlu mengenal kelembagaan dan aktivitas mahasiswa di lingkungan FTI. “Saya juga mensupport kepada teman-teman  yang aktif di kelembagaan untuk menuntut ilmu. Harapannya kita berharap apa yang kita lakukan di FTI ini yang terbaik yang bisa dilakukan,” tambahnya. (Yadi, Reiny)
Bagikan: