Mulai terlihat kesibukan di pojok belakang gedung Kahar Mudzakkir, mereka yang berslayer putih tengah menjalankan tugasnya sebagi tenaga medis dalam acara pesona ta’aruf 2014. Divisi kesehatan yang awalnya beranggotakan tiga puluh lima orang ini, ketika bertugas pada pelaksanaan pesta hanya ada tiga puluh dua anggota yang hadir dan bekerja secara aktif. Menurut keterangan dari koor kesehatan, dari tiga puluh lima orang itu beberapa ada yang mengundurkan diri dan ada pula yang tidak pernah hadir.

Dari tiga puluh dua orang yang bertugas dalam mengatasi 6441 peserta pesta, divisi kesehatan sebenarnya kekurangan tenaga, sehingga dalam menjalankan tugasnya, divisi kesehatan bekerjasama dengan Tenaga Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM). Peralatan yang digunakan dalam pesta merupakan peralatan yang dipinjam dari TBMM. Peralatan yang dimaksud antara lain, obat-obatan dan tandu. Beberapa anggota dari TBMM juga terlihat bertugas membantu di lapangan sebagai salah satu bentuk kerjasama. Sejumlah lima orang dari TBMM bekerja dengan cara bergantian shift selama enam jam. Selain dengan TBMM, divisi kesehatan juga dibantu oleh divisi humstran dalam urusan transportasi untuk kepentingan kesehatan selama acara.
Terbatasnya ruangan yang digunakan sebagai posko kesehatan menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh divisi kesehatan. Pada hari pertama pesta hari selasa 2/9 2014, lebih dari seratus mahasiswa baru yang ditampung di posko kesehatan. “pura-pura sakit juga ada, ketahuan, kelihatan. Pura-pura sakit diem didalam ruangan tapi saat kita masuk dia lagi ngaca, malah main HP” papar bayu selaku koor kesehatan saat ditemui PROFESI di posko kesehatan. Dalam mengatasi permasalahan ini, mahasiswa yang terlihat sehat akan dikembalikan dibarisannya yang semula.
Tenaga medis yang telah bekerja keras dengan beberapa keterbatasan ini, masih saja mendapat koreksi. Dikatakan bahwa divisi kesehatan tidak berlalu-lalang atau staydi lapangan, “ya sebenernya mereka enggak tahu aja kerjanya kesehatan sendiri itu kaya gimana, padahal kesehatan sudah standbay” ucap bayu. Sebagai tindak lanjut dari evaluasi dihari pertama itu, bayu menginstruksikan untuk selalu siap sedia agar bisa mengatasi segala permasalahan yang ada.(Retno)
Bagikan: