Sabtu, 1 November 2014, LPM PROFESI mengadakan acara Workshop Jurnalistik. Acara yang diusung dengan tema “Menumbuhkan Sikap Kritis Melalui Perspektif Jurnalisme” ini diselenggarakan di Auditorium Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia (UII) lantai 2.  Sebagai pembicara yaitu Cahyo Purnomo Edi, Pemimpin Redaksi beritajogja.co.id yang dimoderatori oleh Zidny Ilmi dari LPM PROFESI FTI UII.
 
Pada dasarnya Workshop Jurnalistik ini diselenggarakan untuk mahasiswa dan umum. Peserta yang hadir pun diantaranya anggota dari LPM PROFESI itu sendiri beserta para magangnya, mahasiswa kampus UII dan beberapa universitas lain seperti UGM, UMM, UMY, STMIK AMIKOM, SANATA DHARMA. Ada pula seorang peserta dari LBB. Menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan, dalam acara Workshop Jurnalistik ini, Cahyo Purnomo Edi memberikan 2 materi mengenai jurnalisme yang sangat mendukung tema tersebut.
Materi pertama yang diulas oleh Cahyo mengenai 9+1 elemen jurnalisme menurut Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Kemudian materi kedua yaitu mengenai jenis-jenis tulisan jurnalistik. Di akhir waktu setelah penyampaian materi oleh Cahyo, baik setelah materi pertama maupun kedua, para peserta Workshop Jurnalistik pun terlihat antusias dengan banyaknya yang mengangkat tangan, memanfaatkan sesi tanya-jawab untuk bertanya pada Cahyo.
Disebutkan pula sebelumnya bahwa dalam acara Workshop Jurnalistik ini  akan hadir Bernard Batubara, penulis novel Cinta. (baca cinta dengan titik), Surat untuk Ruth, dan beberapa novel fiksi lainnya. Bernard Batubara yang lebih akrab disapa dengan nama Bara akan hadir memberikan materi mengenai teknik penulisan fiksi. Pun Bara akan mengisi waktu dengan sharing sebagai alumni dari LPM PROFESI. (Farida)
Bagikan: