oleh Johan Aiman, Putri Pamuji R.S

 Renovasi ini dilakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kesetaraan pelayanan terpadu kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Industri,  ”  ungkap Sukirman, ketua pelaksana renovasi.



                 Berubahnya lokasi dari beberapa divisi di Fakultas Teknologi Industri menyimpan beberapa pertanyaan dari para mahasiswa. Tepatnya pada tanggal 16 Maret 2015, hari pertama mahasiswa FTI masuk di semester genap setelah liburan UAS (Ujian Akhir Semester) ganjil. Kebanyakan dari pertanyaan mengenai hal ini ialah “Mengapa sedang dilakukan renovasi pada setiap divisi? Padahal sebelum liburan UAS semester ganjil, lokasi masih tampak  seperti biasanya .

Dalam renovasi divisi ini ada beberapa orang atau divisi yang terlibat, yaitu  Sukirman sebagai ketua pelaksanaan renovasi dan Karsiyonosebagai ketua divisi pembekalan.Selain itu, divisi perbekalan juga berperan dalam suatu renovasi ruang kelas yang ada di FTI.

Karsiyono, Ketua Divisi Perbekalan mengatakan bahwa renovasi yang sedang berjalan hingga saat ini telah dimulai sejak Februari 2015. Renovasi ini memang sengaja dilakukan saat mahasiswa FTI sedang liburan setelah Ujian Akhir Semester Ganjil. Tujuanya agar tidak mengganggu aktivitas perkuliahan. Jika renovasi divisi dilakukan saat mahasiswa sedang aktif belajar, maka akan sangat mengganggu aktivitas mahasiswa di kampus.

Peran dari pihak divisi perbekalan itu sendiri adalah mengawasi jalannya renovasi divisi yang sedang berjalan. Entah itu dari tenaga kerja maupun menyediakan dan memeriksa alat-alat serta bahan-bahan yang digunakan dalam renovasi. Renovasi ini dilakukan hanya saat diperlukan saja, bukan kegiatan rutin setiap bulan ataupun tahun. Kebijakan renovasi ini dilakukan atas anggaran dana yang tersedia serta didasarkan atas keputusan fakultas bersama tim reorganisasai tingkat divisi.  “Tujuan dari dilakukan renovasi ini untuk memudahkan mahasiswa FTI untuk melakukan administrasi.” Tutur Karsiyono, selaku ketua divisi perbekalan.

Sukirman, Ketua Pelaksana renovasi ini menjelaskan bahwa latar belakang dan tujuan dari renovasi ini adalah memberikan sekaligus memperbaiki pelayanan mahasiswa yang lebih baik, memberikan kesetaraan antara fakultas dengan mahasiswa, dan lebih menghargai konsumen.

 Pada saat ini pihak fakultas sedang mengimplementasikan rancangan tentang penataan kembali organisasi di tingkat divisi (re-organisasi). Karena itu pekerjaan dari akademik, maka dipersatukan divisi yang di lantai satuhanya ada divisi perkuliahan saja, dan yang lainnya seperti bagian divisi ujian dan KPTA berada di bassement menjadi satu divisi.

Dibagian Bassement juga terdapat bagian divisi administrasi akademik yang telah disatukan. Hal tersebut bertujuan agar pelayananterhadap mahasiswa dan infrakstrukturnya lebih terpadu sehingga mahasiswa tidak perlu menguras tenaga naik turun untuk mengurus administrasi, pun datanya lebih sinkron, dan mempermudah pengendalian. Untuk divisi perkuliahan atau bagian presensi masihberada di lantai satu, supaya mempermudah dan lebih menghormati dosen untuk memberikan presensi kepada mahasiswa.

Sebelum dilakukan renovasi, ada pertimbangan khusus mengenai ruangan yang lebih luas dan lebih menyatu. Sebelum melakukan renovasi divisi, pihak terkait dalam renovasijuga telah mempertimbangkan tentang ruangan kelas yang bermasalah. Akan tetapi, pada renovasisaat ini lebih diprioritaskan pada perbaikan divisi. Pada renovasi ini juga mempertimbangkan administrasi mahasiswa yang pada saat ini belum optimal. “ Jikamahasiswa masih memiliki keluhan mengenai kelas yang bermasalah, hal ini bisa disampaikanlangsung ke pihak fakultas agar segera diperbaiki.”Jelas Sukirman, ketua pelaksana renovasi.
Bagikan: