Foto: Ianra/PROFESI “Departemen Konsumsi sedang menjaga makanan untuk mahasiswa baru”
Oleh: Nisa
Reportase bersama Ikhwan, Tantowi, Tari, Vicko dan Ianra
            Setiap universitas memiliki agenda rutin OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Universitas Islam Indonesia pun tidak ketinggalan mengadakan kegiatan OSPEK yang biasa disebut PESTA (Pesona Ta’aruf). Seperti tahun sebelumnya, rangkaian PESTA 2015 diawali dengan kegiatan pra PESTA yang berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2015. Pada kegiatan tersebut, panitia ospek telah mengumumkan bahwa pra PESTA dimulai pada pukul 08.00-15.00 WIB.
Melihat dari lamanya kegiatan yang berlangsung, tentu peserta membutuhkan tenaga yang cukup untuk mengikuti kegiatan hingga usai. Oleh karena itu, Departemen Konsumsi PESTA 2015 berinisiatif menyediakan konsumsi untuk peserta. Berkaitan dengan hal tersebut, setiap peserta diminta untuk menyerahkan sejumlah uang sebagai bentuk pembayaran konsumsi. Salah satu mahasiswa baru yang berasal dari Jurusan Kedokteran Umum, Ayu mengatakan bahwa mereka diminta untuk membayar dana konsumsi pra PESTA sebesar Rp10.500. Hal senada juga disampaikan oleh Icha, Waljam dari Jamaah tujuh puluh enam. Selain itu, Icha juga mengimbau kepada peserta agar membawa makanan ringan saat pra PESTA.
Konsumsi pra PESTA terdiri dari makan besar dan air minum. Demi memenuhi kebutuhan konsumsi pra PESTA, makan besar disediakan oleh tujuh pengelola warung makan. Kali ini, Kantin Sagar Matha yang berada di Kampus Terpadu UII menjadi salah satu penyedia makan besar tersebut. Afi, pengelola kantin menuturkan bahwa pihaknya hanya diminta panitia untuk menyediakan 645 porsi makan siang. Pada pukul 09.30,  pihak kantin sudah mulai mendistribusikan makanan kepada panitia. Baik makan besar maupun air minum, semua dikumpulkan di halaman depan Rusunawa UII. Dapat dipastikan bahwa pembagian konsumsi akan dilakukan pada saat kegiatan ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan). Sayangnya, ketika tim PROFESI ingin mengklarifikasi lebih lanjut perihal mekanisme konsumsi, Departemen Konsumsi tidak bersedia memberikan keterangan.
Berdasarkan pantauan di lapangan, jamaah mulai dibagi konsumsi sekitar pukul 12.00 pada waktu ishoma. Bagi jamaah yang berada di sekitar Auditorium Kahar Muzakir, konsumsi diambil oleh Wali Jamaah di tempat pengumpulan konsumsi. Namun, bagi jamaah yang tidak berada di sekitar auditorium, konsumsi didistribusikan langsung oleh Departemen Konsumsi. Menurut salah satu mahasiswa baru Teknik Sipil, Muhammad Rizqullah menyampaikan bahwa pendistribusian konsumsi saat pra PESTA sudah cukup tertib dan memuaskan. “Mereka membaginya sangat tertib, sangat memuaskan,” tutur Rizqullah. Hal ini sejalan dengan pendapat Dila, mahasiswa baru Teknik Lingkungan. Menurutnya, konsumsi yang didapat peserta sudah sesuai dengan harga yang harus dibayarkan. Mendengar opini peserta pra PESTA kali ini, dapat dikatakan bahwa mereka telah merasa puas dengan konsumsi yang disediakan oleh panitia. 
Bagikan: