FOTO: Arbi/PROFESI Penampakan Air Terjun Sekar Langit yang terletak di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.
 
Oleh: Ihsan dan Tantowi
                Menceritakan destinasi wisata Indonesia memang tidak akan ada habisnya, baik itu pantai, gunung, maupun yang lainnya. Salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi terdapat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sekar Langit (sekar dalam bahasa Jawa: bunga), begitulah nama air terjun yang terletak di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag. Selasa (2/9/15) Kru PROFESI mencoba mengabadikan keindahan air terjun tersebut.
            Air Terjun Sekar Langit berlokasi tak begitu jauh dari kota Magelang. Dengan menggunakan sepeda motor, lama perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kita akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indahnya, diantaranya gunung merbabu yang terlihat kokoh dan sawah-sawah yang terbentang luas, serta udara sejuk khas pegunungan cukup untuk membuat nyaman selama di perjalanan.
            Sesampainya di lokasi, kita akan disambut dengan suara gemercik air yang seolah-olah memanggil kita untuk segera menjamahnya. Hanya dengan Rp 4000 kita sudah bisa menikmati pesona Air Terjun Sekar Langit. Dari pintu masuk kita akan melewati jalan setapak sepanjang 500 meter yang di kiri dan kanan jalannya nampak tumbuhan dan pepohonan hijau, terlihat sekali keindahan alamnya masih terjaga dan alami. Setelah itu kita melewati sebuah jembatan terlebih dahulu sebelum mencapai air terjun yang dituju. Menakjubkan! Kata yang tepat untuk menggambarkan pesona Air Terjun Sekar Langit. Airnya yang jernih, tidak ada sampah yang berserakan sangat rugi kalau tidak merasakan langsung kesegaran air terjun tersebut. Banyak bebatuan besar di sepanjang aliran air, tempat yang cocok untuk beristirahat sembari memandang keindahan alam di sekitar air terjun. Yang menjadi daya pikat bagi pengunjung, selain keindahan alamnya adalah adanya legenda Jaka Tarub. Konon, di tempat inilah Jaka Tarub mengintip dan mencuri selendang salah satu bidadari yang sedang mandi.
            Untuk Anda yang ingin berwisata mendapatkan ketenangan dan jauh dari hingar bingar kehidupan kota, Air Terjun Sekar Langit sangat cocok sebagai rekomendasi. Di sini juga tersedia warung jajan kalau tidak sempat membawa bekal. Jadi bagi Anda yang sedang berwisata ke Magelang, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir dan berkunjung ke air terjun ini.