Values Innovation Perfection

Expo Perancangan Sistem Industri Terpadu (PSIT) merupakan ajang dimana masing-masing kelompok mahasiswa Teknik Industri memamerkan produk souvenir Universitas Islam Indonesia (UII). PSIT adalah mata kuliah mandiri yang terdapat pada Program Studi Teknik Industri, dimana mahasiswanya dituntut untuk bisa mengaplikasikan materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya secara mandiri. Penugasan PSIT tahun ini berupa desain produk souvenir UII, dimulai dari melakukan survei pasar, membuat rancangan produk, membuat strategi pemasaran, menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) hingga melakukan penjualan. Expo PSIT digelar di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir pada Jum’at, (26/05/2017) yang hanya berlangsung pada pukul 08.00 – 15.30 WIB.

Annisa Uswatun Khasanah selaku ketua dosen mata kuliah PSIT mengatakan bahwa tujuan dari Expo adalah untuk memamerkan karya mahasiswa PSIT khususnya pada warga UII dan pada masyarakat secara umum. Selain itu, Expo juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menjual produk yang telah mereka buat. Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UII Dicky Bayuadi Saputro sangat mendukung kegiatan Expo PSIT tersebut sebagai ajang pengimplementasian ide atau gagasan mahasiswa Teknik Industri dalam keilmuan yang didapatkan di Teknik Industri sendiri, terkhusus dalam desain produk yang kreatif. “Bermanfaat sekali buat melatih kepercayaan diri teman-teman mahasiswa dalam menuangkan ide-ide kreatif dalam produk inovatif. Lebih ditingkatkan lagi kegiatan-kegiatan yang memang manfaatnya langsung dirasakan oleh mahasiswa yang dimana output kegiatannya jelas untuk apa hasilnya dan tujuannya,” ujar Dicky.

Salah satu peserta, Rizal Wisnu Firmansyah mengatakan bahwa kegiatan Expo ini sangat bermanfaat. “Bagus sekali karena disitu kita bisa menerapkan dari awal mengidentifikasi (kebutuhan) pasar sampai menjual, kita bisa menerapkan ilmu industrinya langsung. Kemudian sebagai ladang belajar kita untuk memulai usaha, kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan produk kita apa, untuk memulai bisnis,” ungkap Rizal. Rizal menyayangkan bahwa dengan tidak diliburkannya kegiatan perkuliahan Teknik Industri pada saat Expo PSIT berlangsung, berdampak pada kurang maksimalnya untuk menjual produk serta menghambat peserta Expo dalam memasarkan produk souvenir UII kepada pengunjung.

Dalam event ini menghadirkan beberapa jenis souvenir UII yang dimiliki oleh mahasiswa PSIT, baik berupa produk dari vendor maupun berupa hasil kerajinan sendiri. Beberapa pengunjung dari luar juga turut meramaikan Expo ini.