Tentang Profesi

Sejak didirikan tahun 1964, Fakultas Teknik Universitas Islam Indonesia terdiri dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Industri, dan Teknik Tekstil. Dalam perkembangannya juga didirikan jurusan Teknik Arsitektur. Pemikiran kritis mahasiswa saat itu membutuhkan wadah yang mana dapat menampung semua pemikiran kritis serta aspiratif. Hingga dalam masing-masing jurusan tersebut mempunyai media/majalah. Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur bernama ULTIMATE, Teknik Industri mempunyai INDUSIA, sedangkan untuk Teknik Tekstil di wadahi oleh KEMATEK. Tetapi dalam tiga media/majalah tersebut mempunyai satu struktur/keorganisasian yang sama.

Namun ada masa kevakuman yang dimotori oleh Fathurohman (Teknik Sipil 1983) sebagai Pemimpin Umum, Supriyatno (Teknik Sipil 1984) sebagai Pemimpin Redaksi. Supriyatno juga merangkap sebagai Redaktur Pelaksana untuk ULTIMATE, Indra untuk INDUSIA, dan salah seorang untuk KEMATEK. Kevakuman disebabkan permasalahan dana yang tidak mampu mengakomodir ketiga majalah, hingga media-media tersebut mati suri.

Pada awal tahun 1992, menumpuknya keuangan kelembagaan dikarenakan ada uang Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang tertahan di Universitas karena tidak adanya lembaga tersebut. Maka atas inisiatif Toni (Teknik Industri 1986) Bendahara Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik menghubungi Supriyatno untuk membentuk LPM di lingkungan Fakultas Teknik. Hingga pada akhir Februari 1992, Supriyatno dibantu M. Salahudin (Teknik Sipil 1987) menggelar Musywarah Anggota (Musang) LPM yang pertama kalinya.

Hasil Musang tersebut terpilihlah Fadillah Rusdi (Teknik Sipil 1989). Akhirnya terbentuklah kepengurusan LPM Fakultas Teknik dengan produk yang belum punya nama. Dengan perdebatan panjang pula akhirnya disetujui nama SOLID atas usulan nama Anis Sofyan. Menurut Supriyatno, diberi nama SOLID karena penyatuan dari empat jurusan yang berbeda menjadi ikatan yang kuat.

Seiring dengan perkembangan UII maka pada tahun 1992 menurut Surat Keputusan Rektor, Fakultas Teknik dipecah menjadi dua yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). Secara otomatis SOLID pun harus dipecah kepengurusannya menjadi dua. Karena di dalam tubuh SOLID masih terdapat empat jurusan yang dulunya adalah Fakultas Teknik. Maka setelah mengalami proses musyawarah diputuskan bahwa FTSP (jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur) tetap membawa nama SOLID sedangkan FTI (jurusan Teknik Industri dan Teknik Tekstil) membuat nama organisasinya dengan “PROFESI”. Pada tanggal 6 Juni 1992, LPM PROFESI FTI UII resmi didirikan.

Dalam lingkup Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII), LPM termasuk dalam lembaga khusus. Sehingga LPM PROFESI bersifat independen. Serta berhak mengatur rumah tangganya sendiri.

Dalam menjalankan roda organisasinya, LPM PROFESI terdiri dari Pengurus Inti dan Pengurus Harian. Pengurus Inti terdiri dari Pemimpin Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, dan Pemimpin Redaksi. Sedangkan Pengurus Harian merupakan Pengurus Inti dan juga bidang-bidang yang turut menopang kinerja lembaga. Pada saat ini ada lima bidang di LPM PROFESI FTI UII yaitu Redaksi, Jaringan Kerja, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perusahaan, Riset dan Pustaka.