Kuliah perdana  telah terlaksana, mahasiswa  baru bersiap menghadapi rangkaian pengenalan lingkungan  kampus atau disebut OSPEK. Di Universitas Islam Indonesia  OSPEK  dinamakan dengan PESTA (Pesona Ta’aruf). Mahasiswa baru dari seluruh fakultas berkumpul  di kampus terpadu untuk melaksanakan serangkaian acara PESTA.

Ada yang sedikit berbeda dalam PESTA  2014 kali ini. Pelaksanaan pesta berbarengan  dengan pembangunan beberapa infrastruktur seperti  pelebaran dan pergantian paving boulevard, pembangunan taman dan  pendirian toko buku. Namun pelebaran dan pergantian paving boulevard yang belum kelar menyebabkan pintu masuk bagian selatan tidak dapat diakses, sehingga dalam PESTA 2014 hanya menggunakan satu pintu masuk.
Akibat dari pengurangan jalan masuk  tersebut, para mahasiswa  maupun dosen dan karyawan yang menggunakan kendaraan tidak dapat mengakses pintu masuk tersebut. Menurut Eko Priyandono, salah satu staff Departement Keamanan PESTA 2014, pintu masuk untuk mahasiswa baru maupun karyawan yang memakai kendaraan dialihkan lewat Degolan, sehingga para mahasiswa dan para karyawan tersebut harus memutar melewati pintu masuk bagian belakang agar bisa masuk ke wilayah kampus. Dia juga menambahkan bahwa hal ini dilakukan agar tidak terjadi tabrakan dengan  kendaraan lain maupun dengan  pejalan kaki.
Guna meningkatkan keamanan, pihak Departemen Keamanan PESTA 2014 berkoordinasi dengan security dan juga menwa untuk proses kelancaran lalu lintas. Wilayah pintu masuk akan disterilkan untuk mahasiswa baru yang mengikuti rangkaian PESTA 2014 dari jam 6 sampai jam 8 guna proses kelancaran mahasiswa baru mengikuti PESTA 2014 yang sedang berlangsung.
Untuk penempatan parkiran,  kendaraan akan ditempatkan dilapangan bola UII depan D3 ekonomi, dimana sebelumnya pada pintu masuk dekat FTSP mahasiswa baru diharuskan untuk mendorong kendaraannya. Untuk penjagaan wilayah parkiran, departemen keamanan PESTA telah menempatkan staff-staffnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Ketika rangkaian PESTA 2014 hari pertama telah dilaksanakan, mahasiswa baru yang hendak pulang wajib memperlihatkan STNK guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (Arbi, Yadi)
Bagikan: