Foto: Surya/PROFESI ” Peserta pra PESTA yang sedang sibuk melakukan kegiatan pembuatan atribut”
Oleh: Putri
Reportase bersama Fajar, Surya, dan Retno
 
Sabtu 22 Agustus 2015, Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan pra PESTA (Pesona Ta’aruf). Kegiatan ini dipersiapan sebagai ajang perkenalan mahasiswa baru. Dalam kegiatan tersebut seluruh mahasiswa baru diagendakan untuk membuat atribut PESTA. Mahasiswa baru dijadwalkan datang dan berkumpul di belakang Kahar Mudzakir  pada pukul 08.00 WIB. Seluruh mahasiswa baru berkumpul dengan jamaahnya masing-masing untuk kemudian disebar ke lokasi yang telah ditentukan oleh panitia PESTA.
Seluruh jamaah mengawali kegiatan pra PESTA dengan perkenalan antaranggota jamaahnya. Agenda selanjutnya, pembuatan co-card yang dipandu oleh Wali Jamaah (Waljam). Para mahasiswa baru terlihat sangat antusias dalam membuat co-card masing-masing. Shofira, mahasiswa baru Ilmu Ekonomi mengatakan bahwa ia tidak mengalami kesulitan dalam pembuatan atribut PESTA. “Enggak begitu susah kok, ini biasa saja,” ujar Shofira.
Berkaitan dengan hal tersebut, maraknya penjualan atribut instan, tidak lantas membuat mahasiswa baru berbondong-bondong membelinya. Salah seorang mahasiswa baru yang ditemui PROFESI mengatakan ia tidak tertarik dengan hal semacam itu. “ Saya beli atribut sendiri, enggak pesen paketan. Soalnya kurang yakin dan harganya lebih mahal ” Ujar Arie, mahasiswa baru Fakultas Ekonomi.
Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, salah satu konsep dalam kegiatan pra PESTA ada pada kelengkapan Co-card. Tahun ini, Co-card tidak dilengkapi dengan stempel dari panitia sebagai lambang kelegalan atribut. Sebagai pengganti stempel, Co-card dilengkapi dengan stiker dari panitia. Selain itu, Co-card dikumpulkan kepada panitia untuk dikembalikan lagi kepada peserta saat pelaksanaan PESTA.
Disela pembuatan atribut, terlihat seorang panitia dengan slayer merah memeriksa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dari tiap mahasiswa baru. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya oknum penyusup. Berkaitan dengan hal itu, apabila ada mahasiswa baru yang tidak membawa KTM, ia hanya akan mendapat teguran.
Di tengah acara, sebanyak tujuh jamaah yang berada di utara Ulil dipindahkan oleh Pemandu Barisan (PB) ke area sekitar Gedung Olahraga (GOR) UII. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut digunakan sebagai tempat parkir mobil bagi para tamu undangan pernikahan yang sedang digelar di Kahar Mudzakir.
Pada PESTA 2015 juga terlihat pemandangan baru ketika melintas di depan kantor Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII, yakni adanya sebuah toilet keliling. Toilet tersebut difasilitasi langsung oleh Rektorat UII. Hal ini memudahkan bagi peserta atau panitia yang ingin buang air selama kegiatan pra PESTA berlangsung.
Kegiatan pra PESTA dijadwalkan berakhir pada pukul 15.00. Namun, banyak dari peserta yang baru meninggalkan lokasi pra PESTA setelah pukul 16.00. 
Bagikan: