Oleh : Nasrul

Pekan Ta’aruf (PETA) 2015 merupakan kegiatan ospek tingkat fakultas yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia ( FTI UII). Acara PETA dilangsungkan pada tanggal 26-27 Agustus 2015. Tahun ini, pelaksanaan ospek FTI bertepatan dengan pelaksanaan ospek Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya (FPSB). Sehingga, boulevard sebagai jalur masuk utama menuju Kampus UII Terpadu digunakan sebagai jalur masuk PETA FTI sekaligus SERUMPUN FPSB. Oleh karena itu, peserta PETA diarahkan untuk memasukikampus UII melalui jalur masuk. Sementara itu, peserta SERUMPUN diarahkan untuk memasuki kampus UIImelalui jalur keluar.  Digunakannya jalur masuk dan jalur keluar UII tersebut menyulitkan pengguna jalan yang hendak mengakses jalan. Sehingga, dibuatlah jalur khusus untuk sepeda motordengan cara memasang tali rapia di jalur tertentu.
Kiki, salah seorang staf Departemen Acara PETA menyampaikan bahwa penyediaan jalur khusus ini merupakan konsep dari panitia. dia memaparkan bahwa jalur tersebut disediakan untuk civitas akademika UII. Selain itu, jalur khusus juga diperuntukan bagi peserta PETA yang membawa kendaraan. Meski sebenarnya panitia telah mengimbau peserta agar tidak membawa kendaraan, akan tetapi masih ada peserta PETA yang membawa kendaraan bermotor. Karena jalur khusus ini hanya bersifat sementara, maka jalur ini hanya digunakan selama dua hariPETA.
Peserta PETA yang mengendarai sepeda motor harus menuntun sepeda motornya dari jalur khusus tersebut sampai area parkir yang berada di lapangan sepak bola UII. Ketentuan ini dimaksudkan panitia agar pada hari pelaksanaan PETA berikutnya, mereka tidak mengendarai sepeda motor lagi.  Hal ini disampaikan oleh Amel dan Fara selaku tim inti Organizing Committee (OC) PETA.
Salah satu mahasiswa baru yang membawa sepeda motor, Sukatnomenuturkan bahwa ia menyayangkan adanya peraturan untuk menuntun sepeda motor. Ia juga menerangkan bahwa ia terpaksa membawa sepeda motor karena rumahnya jauh dari Kampus Terpadu UII dan tidak adanya angkutan kota saat ia berangkat (pukul 05.00 WIB). Di sisi lain, jalur khusus ini terbukti dapat mempermudah pengakses jalan yang hendak masuk ke area Kampus UII Terpadu.

Baca Juga:  Unisi Robotic Luncurkan Tiga Robot

Bagikan: