Kuliah Kerja Nyata atau biasa disebut KKN merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat. Menilik sejarah, kegiatan ini sendiri timbul karena kebutuhan masyarakat akan pendidikan dan pengajaran, sehingga pada awalnya tujuan KKN ialah memajukan masyarakat.
UII melaksanakan KKN berlandaskan Catur dharma UII yang terdiri dari pendidikan, penelitian, pengabdian, dan dakwah islamiyah. KKN UII –seperti yang tercantum pada buku panduan KKN UII- merupakan wahana bagi mahasiswa untuk belajar, berdakwah dan bekerja dalam kegiatan pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat.
            Sekilas, kegiatan yang bernaung pada Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) ini seakan mengalami pergeseran orientasi. Masyarakat yang menjadi pusat orientasi KKN beralih menjadi mahasiswa. Hal ini dipertegas apabila melihat indikator capaian KKN UII, yang menjadikan mahasiswa sebagai parameter keberhasilan. Kata-kata bersama masyarakat yang tercantum pada indikator capaian pun seakan hanya menjadi pemanis agar KKN tidak kehilangan unsur kemasyarakatannya.
Melihat kondisi tersebut, tak ayal timbul pertanyaan. KKN ini diperuntukan bagi masyarakat atau mahasiswa? Kondisi ini memperlihatkan masyarakat seakan sudah tidak terlalu membutuhkan KKN lagi, sehingga KKN bisa disambi dengan kegiatan belajar mahasiswa. kegiatan yang bernafaskan pengabdian ini ternyata memiliki banyak ekor yang berwujud sekalian.

Baca Juga:  Gonjang Ganjing - Januari 2016 - Edisi Magang

Baca Suplemen – November

Bagikan: