Rangkaian acara PROPORTION 2017 telah usai pada Minggu, 19 Maret 2017 lalu. Acara tahunan Lembaga Pers Mahasiswa PROFESI Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (LPM PROFESI FTI UII) yang telah dua kali diselenggarakan ini terdiri dari Lomba Fotografi tingkat nasional, Pameran Fotografi, dan Talkshow Interaktif. Setelah pada tahun 2016 lalu mengangkat isu “Ironi Kesenjangan Masyarakat Indonesia” maka pada tahun ini PROPORTION mengangkat tema “Apa Kabarmu, Nelayan?”

Maksud dan tujuan pemilihan tema “Apa Kabarmu, Nelayan?” adalah untuk menyadarkan kembali kepada masyarakat luas tentang betapa kayanya hasil laut di Indonesia dan tentang keadaan nelayan Indonesia. Apakah sebanding antara kekayaan lautan itu dengan kesejahteraan masyarakat pesisir, terutama nelayan. Seperti yang dipaparkan oleh Suwarman Partosuwiryo, Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam talkshow yang diadakan pada hari kedua pameran fotografi PROPORTION. Bahwasanya nelayan di Indonesia ini tidak bisa dikatakan seluruhnya sejahtera. “Ada nelayan yang kaya, tapi juga ada nelayan yang masih miskin,” jelasnya. Hal ini mengindikasikan bahwa predikat dan kejayaan nusantara sebagai negara maritim tidak menjamin kesejahteraan seluruh nelayan itu sendiri. Belum lagi jika memperhatikan tentang maraknya kasus pencurian ikan di lautan Indonesia. Tidak sedikit perahu para pencuri ikan dari negara lain ini berhasil lolos dari kejaran petugas. Sementara ini, keadaan nelayan Indonesia masih kesulitan untuk menangkap ikan “di rumah sendiri”. Masih banyak yang menggunakan alat-alat tradisional, sehingga hasil tangkapan yang didapat tidak bisa maksimal. Hal ini yang banyak tergambar dari 313 foto yang terdaftar dalam kompetisi PROPORTION, seperti yang disampaikan oleh Pemimpin Umum LPM PROFESI pada sambutannya. “Selanjutnya, karya-karya dari peserta lomba foto juga memberikan perspektif baru bagaimana kehidupan para nelayan di era modern ini,” ungkap Warih Arbi Hernowo, Pemimpin Umum LPM PROFESI

Baca Juga:  Mahasiswa FTI Unjuk Jiwa Entrepeneur

Selain itu, dalam rangkaian acara PROPORTION 2017 juga diadakan talkshow mengenai teknik fotografi jurnalistik yang disampaikan oleh Desi Suryanto, salah satu juri PROPORTION. Banyak hal-hal teknis yang dipaparkan oleh Desi, seperti teknik sepertiga bidang, komposisi, dan teknik dasar fotografi lainnya.

Di hari terakhir pameran foto juga diadakan acara seremonial launching web lpmprofesi.com. Acara ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Arbi dan diserahkan kepada Donny Alexandro selaku Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa, FTI UII. Harapan dari diadakannya website LPM PROFESI adalah agar PROFESI dapat memberikan kabar yang Aktual, Kritis, dan Humanis tentang kehidupan kampus FTI pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya. (Dicky Puja Pratama)

Bagikan: