Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (LEM FTI UII) mengadakan sebuah kegiatan yang bertajuk Day of National Education (DONE). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari Sabtu, 6 Mei 2017 hingga Minggu, 7 Mei 2017.

Bertujuan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa. Menurut Budi Satria Panandita selaku Ketua Panitia, acara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan di UII masih sangat jarang. “Padahal, Hari Pendidikan itu penting. Apalagi bagi kita aktivis mahasiswa (dan) sebagai aktivis pendidikan,” ujarnya.

Rangkaian acara pada hari pertama dimeriahkan dengan bazaar buku yang bertempat di Hall Gedung K.H. Mas Mansur. Menurut Budi, budaya membaca di kalangan mahasiswa mulai berkurang. “Kalaupun membaca jarang sekali yang menyelesaikan,” ungkapnya. Dengan adanya baazar buku ini, diharapkan tingkat literasi di kalangan mahasiswa akan meningkat.

Baca Juga:  Pidato Milad UII ke - 74

Ada pula Group Discussion bersama salah satu penulis buku “Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri”, yaitu Miftachudin Arjuna. Budi menambahkan, “Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk membantu mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.” Menurutnya, banyak mahasiswa yang memiliki keinginan untuk mendapatkan mahasiswa. Akan tetapi, mahasiswa, tidak tahu cara mendapatkannya. Sehingga, diharapkan dengan adanya acara ini mahasiswa menjadi lebih tahu mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa.

Salah satu perserta juga mengamini hal tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Bayu Aprilananda Sujatmoko bahwa acara ini sangat menarik. Menurut mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2015 ini, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Selain terdapat tips dan cara, acara ini juga memotivasi diri untuk belajar sampai ke luar negeri. “Harapannya peserta lebih antusias karena sangat jarang kita bisa mendapatkan kesempatan seperti ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Berta'aruf dengan Lembaga Mahasiswa UII

Acara DONE akan dilanjutkan pada hari kedua. Salah satu rangkaian acara yang akan diadakan pada hari kedua adalah talkshow dengan pengisi dari peraih beasiswa LPDP. Terdapat 2 pengisi talkshow, salah satunya Febrianti Nurul Hidayah, yang juga merupakan salah satu alumni mahasiswa Teknik Kimia UII.

Bagikan: