Dalam rangka usaha medorong jiwa kewirausahaan mahasiswa khususnya di Fakultas Teknologi Industri (FTI), Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FTI UII menyelenggarakan sebuah event bazar yang bertajuk Creative Bisnis Bazaar in Campus (CUBIC) 2017 pada tanggal 17 Mei 2017 di depan gedung K. H. Mas Mansur. Selaku Ketua CUBIC 2017, Imam Toyib Mustofa yang juga merupakan mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2015 mengatakan bahwa event ini diadakan sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa yang mungkin memiliki jiwa bisnis, namun mereka kesulitan untuk mengeksplorasinya. “Tujuan kita tuh awalnya untuk mewadahi bisnis mahasiswa. Jadi, temen-teman mahasiswa FTI yang punya bisnis kita wadahi di sini, biar bisnisnya bisa dikenal,” terangnya.

Baca Juga:  Upaya Keraton Mempertahankan Makna Perayaan Sekaten

Imam meyakini, banyak mahasiswa FTI yang sebenarnya memiliki jiwa bisnis dan telah memiliki bisnis, namun kurang diketahui, sehingga hanya perlu dorongan. “Pasti banyak bisnis. Dan di Indonesia sendiri kan kita sering denger dari menteri, masih sedikit banget pengusahanya (pengusaha muda), apalagi kalau dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Oleh karna itu, kami ngadain (kegiatan) ini , biar bisa menginspirasi mahasiswa lainnya juga,” paparnya.

Hal serupa disampaikan Zainul Arifin yang juga merupakan Ketua LEM FTI UII. Ia mengatakan bahwa event tahun ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Sudah pernah kayak bazar-bazar kayak gitu juga, cuman kalau tahun lalu kan seminar kewirausaan, tempatnya  juga di depan kantor lembaga, tahun ini di depan Hall FTI,” ujarnya. Namun, menurut Arifin karena keterbatasan biaya, event yang diadakan belum bisa sebesar yang diinginkan. “Yang diharapkan sih kalau bisa, dananya juga mencukupi (sehingga) standnya juga bisa banyak sampai mana-mana gitu. Kan terbatas dana dan kami juga nggak ngambil untung. Jadi, gini aja,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pemimpin Baru, Spirit Baru

Event ini menghadirkan beberapa jenis usaha yang dimiliki oleh mahasiswa FTI, baik itu berupa makanan maupun berupa hasil kerajinan. Tidak ketinggalan hasil karya dan usaha dari tiap Himpunan Mahasiswa Jurusan juga turut meramaikan bazar ini.

Acara ini hanya berlangsung pada hari Rabu (17/5/2017) dan sudah di buka pada jam 09.00 wib. Event kemudian akan ditutup pada pukul 17.00 WIB. Nantinya peserta yang berpartisipasi dalam event ini akan memperebutkan dua kategori juara, yang pertama kategori kreatifitas yang akan dinilai oleh dua dosen kewirausahaan bersama ketua acara. Kedua adalah kategori terfavorit ditentukan berdasarkan voting pengunjung.

 

 

Bagikan: