Mahasiswa pecinta robot Universitas Islam Indonesia (UII) yang tergabung dalam Unisi Robotic meluncurkan tiga jenis robot sekaligus untuk persiapan lomba dalam Kontes Robot Indonesia (KRI), di Universitas Gajah Mada (UGM) pada tanggal 11-13 Mei 2017. Pelepasan tim Unisi Robotic dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII Imam Jati Widodo, Direktur Kemahasiswaan UII Beni Suranto, serta Wakil Rektor III  Agus Taufiq.

Unisi Robotic memiliki tiga tim untuk mengikuti Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia (KRSBBI). KRAI adalah kontes yang menggunakan robot yang dikendalikan oleh operator menggunakan remote control. Robot tersebut melempar frisbee (piringan plastik) dengan tujuan untuk mengenai bola yang diletakkan pada sebuah meja khusus. KRPAI adalah robot berkaki yang dapat memadamkan api dengan menyemprotkan air pada sumber api secara otomatis. KRSBBI adalah sebuah robot yang dengan otomatis dapat mendeteksi bola dan menendangnya. Kontes ini merupakan cabang baru pada perlombaan tahun ini, sehingga Unisi Robotic harus membangun robot mulai dari awal. “Kita belajar dari nol, walaupun kita baru belajar kita optimis lolos nasional,” tutur Izzati Muhimmah selaku dosen pembimbing Unisi Robotic.

Baca Juga:  Cerita Roda Dua Pesta

Persiapan intensif mulai dilakukan semenjak setengah tahun terakhir, akan tetapi Unisi Robotic juga melanjutkan dan membenahi robot yang sudah ada pada tahun sebelumnya. Kendala yang dihadapi setiap tahunnya selalu berbeda, karena adanya peraturan yang berbeda dan anggota yang berbeda. “Kendalanya yaitu setiap tahun robotnya baru, peraturannya baru, dan regenerasi baru, sehingga harus ada learning process yang dilewati,” Ungkap Izzati.

Dengan dukungan dana dari Fakultas dan Rektorat, Unisi Robotic akan bertanding melawan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berada di wilayah regional tiga, wilayah tersebut meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. “Harapan kami tentunya juara satu, semoga bisa tercapai,” ucap Ahmad Syarif Ketua Unisi Robotic.

Bagikan: