Judul Film:

The Greatest Showman

Sutradara:

Michael Gracey

Pemain:

Hugh Jackman, Zac Efron, Zendaya, Michelle Williams, Rebecca Fegurson

Genre:

Drama/Romance

Pemeran:

Hugh Jackman sebagai P.T. Barnum.

Zac Efron sebagai Philip.

Zendaya sebagai Anne Wheeler.

Michelle Williams sebagai Charity Barnum.

Rebecca Fegurson sebagai Jenny Lind.

 

The Greatest Showman merupakan film Amerika yang diadaptasi dari kisah nyata perjalanan sosok legendaris dunia hiburan. Sosok legendaris tersebut bernama Phineas Taylor Barnum atau dikenal sebagai P.T. Barnum. Film ini menceritakan perjalanan P.T. Barnum membangun salah satu pertunjukan sirkus terbesar Amerika pada era 1860an, Barnum & Bailey Circus.

Awal film menceritakan kisah P.T. Barnum (Hugh Jackman) yang diberhentikan dari perusahaannya akibat bangkrut. Barnum pun berpikir meminjam uang dari bank untuk membeli sebuah museum yang memajang berbagai macam patung lilin. Museum tersebut bernama “Barnum’s American Museum” yang berada di Manhatan, New York. Setelah berhasli membeli museum, ternyata penjualan tiketnya sangat rendah. Sepinya pengunjung museum, memberikan ide bagi anak P.T. Barnum untuk mempertunjukkan sesuatu yang “hidup”. Saat itulah ia mulai bertemu dengan banyak orang yang memiliki keunikan. Orang-orang tersebut diajak untuk bergabung dalam pertunjukkan sirkusnya. Ada seseorang perempuan berjanggu, anak laki-laki berwajah anjing, pria bertato, dan berbagai hipster jenis awal. Mereka diberi kesempatan untuk merasa bangga akan atribut unik mereka. Bukan hanya untuk dipertontonkan dan dieksploitasi.

Baca Juga:  Lafran Pane ku Sayang, Lafran Pane ku Malang

Barnum mencapai kesuksesan ini dengan begitu mudah. Namun, ketika penjualan tiket pertunjukan mulai banyak terjual, ia menemui beberapa rintangan. Orang-orang mulai menjulukinya dengan nama “Pangeran Para Penipu”, ada pula para preman yang tidak setuju dengan pertunjukan sirkusnya.

Sebenarnya yang P.T. Barnum inginkan bukanlah menjadi “Pangeran Para Penipu”, tapi ia ingin diterima kalangan kelas atas. Inilah yang menyebabkan ia bermasalah. Dia menyewa seorang penulis naskah kaya, Phillip Carlyle (Zac Efron) untuk membuatnya tampak berkelas.

Saat tur sedang berlangsung hati Barnum terketuk, dia merasa perlu untuk pergi menemui keluarga dan para pemain sirkus lainnya. Akhirnya Barnum menyadari, yang diinginkan keluarganya hanyalah rasa cinta dan kasih sayang dari dirinya. Bukan sekedar harta yang berlimpah. Barnum pun sadar, yang di diinginkan pemain sirkusnya adalah  kepercayaan, pengakuan dan cinta dari dirinya.

Baca Juga:  Salahkah Baper?

Film yang berjudul The Greates Showman ini mengandung adegan yang sangat unik pada saat penampilan sang penyanyi opera (Jenny Lind). Pada adegan tersebut, terdapat tiga plot yang sangat mengesankan. Plot pertama mengisahkan cinta yang dibatasi oleh kasta (Phillip dan Anne Wheeler), kemudian seseorang yang haus dengan kejayaan (P.T. Barnum), dan yang terakhir kekhawatiran seorang istri akan suaminya (Charity Barnum). Film ini juga memiliki pemeran-pemeran yang sangat hebat, menjadikan keseluruhan isi dari cerita berjalan dengan sangat mulus. Keseluruhan cerita ini membuat penonton sangat terhipnotis dan membuat ingin menontonnya lagi. Alur cerita film ini sangat baik dan mengandung banyak pesan moral.

Kekurangan yang dimiliki film ini ialah pada saat penggunaan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) pada beberapa adegan. Penggunaan CGI tersebut kurang halus sehingga membuat kesan tidak nyata. Namun, kekurangan tersebut dapat ditutupi oleh segala kelebihan pemain film yang berperan sangat bagus.

Baca Juga:  Ketika Mesin Waktu dan Lubang Hitam Bertemu

Film ini sangat baik untuk ditonton bagi semua kalangan, baik tua maupun muda. Terdapat banyak sekali adegan yang sangat menginspirasi. Contohnya kerja keras seorang P.T. Barnum dalam membangun sirkusnya, serta kesabaran seorang istri terhadap suaminya.

Tim Reportase: Apsari dan Sarah

Bagikan: