Tanggal rilis                  : 26 Oktober 2018

Sutradara                     : Jeffrey Nachmanoff

Skenario                       : Chad St. John

Perusahaan produksi   : Bonaventura Pictures, Company Films, Fundamental Films

Durasi film                    : 107 menit

Pemain film Replicas    : Keanu Revees, Alice Eve, Emily Alyn Lind, Emjay Anthony, Aria Leabu, Thomas Middleditch, John Ortiz, dan Nyasha Hatendi

Replicas adalah film bergenre thriller dan science fiction dari Amerika tahun 2018 yang disutradarai oleh Jeffrey Nachmanoff dan ditulis oleh St. John. Film ini menceritakan kisah seorang ahli biologi yang melanggar semua hukum dan prinsip menghidupkan kembali keluarganya yang meninggal karena kecelakaan mobil.

Baca Juga:  Bangkitkan Antusiasme Guna Matikan Apatisme

Diceritakan karakter Will Foster yang diperankan oleh Keanu Reeves ini adalah seorang ilmuwan di laboratorium Biodyne, Puerto Rico. Adegan pembuka film menceritakan Will dan Ed (Thomas Middleditch) yang sedang bereksperimen untuk mentransfer data dari otak orang yang sudah meninggal ke suatu unit robot, yang diberi nama 345. Karena adanya kegagalan dalam transfer data, kemudian Will mendapatkan peringatan dari atasannya Jones (John Ortiz), karena tidak sedikit dana yang dibuang untuk eksperimen ini.

Will tidak pernah menyangka bahwa eksperimen di Laboratorium Biodyne akan ia aplikasikan pada keluarganya. Film ini mempunyai drama yang dapat dirasakan saat Will tidak rela kehilangan istri dan anak-anaknya yang meninggal karena kecelakaan.

Baca Juga:  Kapasitas Tak Memadai, Mahasiswa Parkir di Kantor Lembaga FTI

Will yang dibantu Ed, berhasil mengembalikan keluarganya dalam bentuk manusia yang baru. Tubuh mereka di kloning, sedangkan yang asli dibuang. Kemudian Will menanamkan pikiran istri dan anak-anaknya, namun ada satu anaknya yang tidak dikloning. Perasaan yang berat ketika merelakan anak yang dicintainya dengan menghapus semua ingatan tersebut dari istri dan anaknya yang lain.

Timbul masalah baru. Jones mengetahui ada yang disembunyikan oleh Will, yang dimana keluarganya sedang beradaptasi dengan suasana barunya, sedangkan Ed merasakan dilema antara atasan dan temannya. Jones menginginkan hasil kloning dari keluarga Will dan juga algoritme yang membentuk semua itu, namun Will mengetahui tujuan Jones untuk memilikinya. Ia tolak dengan keras keinginan Jones.

Baca Juga:  Resensi Buku “Pendidikan Kaum Tertindas”

Setiap film pasti terdapat kelebihan dan kekurangan, dalam film Replicas mempunyai kelebihan yaitu terdapat banyak hikmah yang dapat diambil, alur cerita yang jelas membuat penonton tidak bingung, dan peran pemain yang mampu membuat penonton penasaran akan kelanjutan adegannya membuat penonton tidak merasa bosan. Namun, dibalik kelebihan yang ada juga pasti ada kekurangan yang dimiliki film ini, seperti genre film yang mengangkat ilmiah namun banyak adegan yang mengandung unsur kekeluargaan dan juga beberapa adegan yang tidak pantas ditayangkan.

 

Penulis : Rynaldy Shulton Giffary

Editor : Nuzila Putri Al-Bana

Bagikan: