Lebih dari dua dekade dari awal permulaan, perjalanan LPM PROFESI telah sampai hingga titik ini. Berbagai perjuangan dan kerja sama dari berbagai pihak membawa kami hingga seperti sekarang ini. Kini, tonggak perjuangan dapat kami pertahankan dan membawa berita-berita serta kebenaran yang kami harap dapat bermanfaat bagi seluruh umat. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, pada penghujung kerja keras di periode ini, LPM PROFESI telah berhasil menyelesaikan produk majalah, sebagaimana produk-produk kami yang lainnya. Tentunya, dalam proses penerbitan majalah ini memakan waktu, tenaga, dan pikiran dari seluruh anggota LPM PROFESI. Dimulai dari pemilihan tema untuk menentukan arah tulisan yang dimuat hingga pengecekan ulang secara mendetail terhadap tulisan yang dinilai layak untuk dikonsumsi oleh publik.

Pada proses pemilihan tema, isu kesehatan masyarakat menjadi hal yang disoroti. Banyak dilema di kalangan masyarakat terhadap praktik kesehatan yang dilakukan, baik dengan metode konvensional, tradisional, hingga penggunaan teknologi mutakhir. Kami melihat hal tersebut menjadi peluang untuk diangkat menjadi tema, yakni pemanfaatan teknologi dalam sisi kesehatan masyarakat. Sesuai dengan tagline LPM PROFESI yaitu “Forum Dinamika Sains dan Teknologi” yang akan berfokus pada pembahasan isu-isu terkini terkait teknologi mutakhir. Maka dari itu, tema yang kami angkat pada majalah kali ini adalah “Progresivitas Teknologi Medis”.

Baca Juga:  SUPLeMEN - Desember 2015

Pemanfaatan teknologi mutakhir dalam perkembangan dunia medis akhir-akhir ini berkembang sangat pesat dan terus dikembangkan. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang taraf hidup manusia di suatu daerah maupun negara. Semakin tinggi angka kesehatan masyarakatnya, maka negara tersebut memiliki indeks penilaian yang semakin baik. Pemanfaatan teknologi tersebut diharapkan dapat berkembang dan melahirkan suatu metode baru dalam dunia medis. Kemajuan dan kecanggihan teknologi pun tidak lepas dari perkembangan ini. Sebut saja seperti pemanfaatan Sistem Informasi Kesehatan yang biasanya dapat ditemukan di berbagai rumah sakit maupun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk menunjang layanan yang diberikan. Ada pula Teknik Biomedis yang merupakan salah satu cabang dari ilmu kedokteran baru. Bersinggungan dengan Teknik Biomedis, Elektromedis merupakan suatu profesi yang akhir-akhir ini muncul untuk menjawab persoalan penggunaan dan perawatan alat-alat teknologi dalam medis. Terdapat pula penggunaan MATLAB untuk mendeteksi volume dari deliniasi kanker menggunakan metode Kontur Aktif serta Dilema masyarakat antara penggunaan teknologi medis yang mutakhir dan metode yang konvensional/tradisional. Seluruh isu-isu tersebut akan kami bahas dalam majalah kali ini. Kemudian, terdapat pula Tren Jurusan yang akan membahas tren-tren teknologi yang berada pada dua jurusan Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Sebut saja seperti jurusan Teknik Industri dan Teknik Mesin. Kedua tulisan tersebut akan membahas masing-masing perkembangan teknologi yang sedang menjadi tren di jurusan terkait. Kami pun menyuguhkan pembaca dengan karya-karya fotografi yang telah kami dapatkan dari hasil kompetisi PROPORTION 2019. Karya-karya tersebut hasil jepretan masing-masing peserta pada ajang fotografi yang diadakan oleh LPM PROFESI. Terakhir, kami menyajikan rubrik-rubrik lain yang akan melengkapi tulisan-tulisan untuk pembaca sekalian. Beberapa isu yang diangkat seperti Sosio Teknologi, yakni bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu kelompok manusia akibat perkembangan teknologi. Seperti perkembangan teknologi pada segmen komunikasi pada manusia dan desa yang terisolasi dari perkembangan teknologi yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, majalah ini pun akan memuat isu budaya Jemparingan yang merupakan salah satu warisan luhur. Kami akan membuat pembaca mengeksplorasi dan mengetahui seluk beluk budaya Jemparingan ini. Untuk pemanis dan penutup majalah, pembaca akan disajikan dengan karya-karya sastra yang penulis kami ciptakan seperti puisi, resensi, dan komik.

Baca Juga:  Gonjang-Ganjing - Juli 2018

Kami berharap, dengan adanya majalah ini akan membuat pembaca lebih bijak dalam memahami serta memanfaatkan perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat-pesatnya. Tidak hanya itu, majalah ini juga diharapkan dapat membuka cakrawala pengetahuan pembaca dalam memahami isu-isu lingkungan sekitar. Untuk kebaikan bersama, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian agar majalah ini dapat kami evaluasi dan tetap memberikan dampak yang positif bagi seluruh pembaca dimana pun dan kapan pun.

 

MAJALAH PROFESI “PROGRESIVITAS TEKNOLOGI MEDIS” dapat diakses di https://drive.google.com/file/d/1Z6nL-MS1RftiNCUSE_lKOCz1OSMj9b0b/view?usp=sharing

Bagikan: