Lembaga mahasiswa merupakan wadah untuk mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan dan mengembangkan soft skill¬ mereka. Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) memiliki banyak lembaga mahasiswa, seperti Dewan Perwakilan Mahasiswa, Lembaga Eksekutif Mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Keadaan Lembaga Mahasiswa FTI dirasa sedikit menyedihkan. Ya, memang menyedihkan. Apa penyebabnya?

Masalah di awal pergantian periode yaitu Sidang Umum Fakultas terlambat. Target selesai pada Januari tetapi sidang umum selesai pada Februari. Kenapa bisa terlambat? Selama berjalannya sidang umum, peserta selalu terlambat menghadiri rapat sidang dan terkadang jumlah peserta rapat tidak memenuhi kuota forum yang akibatnya rapat ditunda sampai keesokan harinya. Selain itu, salah satu Himpunan Mahasiswa Jurusan belum bisa terbentuk dikarenakan kurangnya minat mahasiswa untuk melanjutkannya. Kegiatan yang diadakan Lembaga Mahasiswa FTI apakah kurang menarik?

Baca Juga:  MAJALAH PROFESI 2019 "PROGRESIVITAS TEKNOLOGI MEDIS"

Banyak mahasiswa yang hanya peduli dengan akademiknya saja. Banyak juga mahasiswa yang ikut kegiatan berlembaga. Tujuan mereka untuk berlembaga pasti berbeda-beda. Ada yang memang ingin mengasah atau mencari ilmu baru dan ada juga yang hanya mencari sertifikat untuk dimasukkan ke dalam CV. Memang secara jumlah mahasiswa yang ikut berlembaga pada periode ini bertambah, tetapi kualitasnya bagaimana? Kemudian, tidak sedikit mahasiswa yang meninggalkan tanggung jawabnya di lembaga karena alasan akademik. Alasan yang selalu didengar pengurus lembaga. Apakah ada masalah dengan kurikulum yang sekarang?

 

SUPLEMEN EDISI 2019 dapat dilihat di https://drive.google.com/drive/u/4/folders/13Ncj6R2QTqmcErVUBZy3aOnGd6PsacQ3

Bagikan: