Judul
On Your Wedding

Tanggal Rilis
22 Agustus 2018

Sutradara
Lee Seok Geun

Penulis
Lee Seok Geun

Perusahaan Produksi
Filmmaker R & K

Durasi
110 menit

On Your Wedding Day merupakan film Korea, yang di sutradarai oleh Lee Seok Geun yang  rilis pada 22 Agustus 2018, namun baru tayang di Indonesia pada tanggal 3 Oktober 2018. Film ini bergenre Romance, yang diperankan oleh aktris Park Bo Young sebagai Hwan Seung Hee, dan aktor Kim Young Wang sebagai Hwang Woo Yeon. Film ini sukses besar di Korea dan mendapatkan nominasi penghargaan seni Baeksang untuk kategori film aktor baru terbaik. Film ini mengangkat cerita klasik, kisah cinta pertama Woo Yeon, seorang pelajar SMA yang sering sekali berkelahi dan tidak memiliki semangat belajar, kepada Seung Hee, seorang pelajar SMA pindahan yang cantik dan sedikit kasar.

Babak pertama kisah ini terjadi pada Juni 2005, Seung Hee yang memiliki paras cantik dan pintar, sehingga banyak sekali teman lelaki yang menggodanya. Woo Yeon memberikan penawaran untuk berpura-pura pacaran dengan Seung Hee agar tidak terus menerus diganggu, akhirnya penawaran tersebut disepakati dengan syarat Woo Yeon tidak akan berkelahi lagi. Dan akhirnya hubungan mereka dimulai dengan berpura- pura pacaran dan akhirnya saling suka. Pada babak ini diperlihatkan bagaimana kehidupan sekolah anak SMA di Korea.

Baca Juga:  Lafran Pane ku Sayang, Lafran Pane ku Malang

Namun, suatu ketika Seung Hee pergi meninggalkan Woo Yeon Karena masalah dengan keluarganya. Hal tersebut membuat Woo Yeon sangat sedih, dan menjadi Woo Yeon yang tanpa semangat belajar lagi, dan hanya berjualan ayam goreng saat teman-temannya belajar untuk tes ujian masuk universitas. Namun, siapa sangka saat melihat salah satu kertas bungkus ayam goreng, Woo Yeon melihat foto Seung Hee disana dengan latar perpustakaan. Akhirnya untuk mengejar cintanya, Woo Yeon belajar hingga lulus di universitas yang sama dengan Seung Hee. Namun. tidak seperti yang Woo Yeon harapkan, kini Seung Hee sudah memiliki pacar dan kehidupan sendiri .

Babak kedua perjuangan cinta Woo Yeon di mulai saat mereka sudah lulus kuliah, Woo Yeon kini sudah memiliki pacar dan bekerja pada sebuah pusat kebugaran, mereka tak sengaja bertemu. Singkat cerita Woo Yeon dan pacarnya putus karena mengetahui Woo Yeon masih memiliki perasaan pada cinta pertamanya. Woo Yeon menemui Seung Hee kemudian mengatakan bahwa mereka putus. Pada saat itu, terjadi kecelakaan dan Woo Yeon menyelamatkan Seung Hee. Seung Hee menyadari ketulusan Woo Yeon dan akhirnya mereka resmi pacaran.

Baca Juga:  Rantau 1 Menara : Pencarian Tujuan Akhir

Kisah asmara yang berliku-liku, kehidupan mereka berlanjut hingga pada saat kematian ayah Seung Hee. Woo Yeon merasa stuck dengan kehidupannya, tidak kunjung mendapatkan pekerjaan dan impian menjadi atlet hampir hilang karena cedera yang dialami saat menyelamatkan Seung Hee. Woo Yeon berbicara pada temannya tentang dimana dirinya apabila tidak bertemu dengan Seung Hee?, dan Woo Yeon takut apabila suatu saat menyesal bertemu dengan Seung Hee karena kesulitan yang dihadapinya. Dan saat itu Seung Hee pun mendengarnya. Seung Hee mengingat, bagaimana ayahnya selalu menyalahkan ibunya saat semua tidak sesuai dengan keinginannya, akhirnya Seung Hee mengakhiri hubungannya dan berangkat ke belgia untuk bekerja. Akhir cerita, Woo Yeon menjadi guru olahraga tetap di sekolah menengah. Seung Hee menemui Woo Yeon dan memberi tahunya bahwa dia akan segera menikah. Meski awalnya Woo Yeon tak bisa menerimanya, akhirnya dia bulatkan tekad untuk melepaskan Seung Hee dan mendatangi pesta pernikahan Seung Hee, mengucapkan selamat dan mendoakan keduanya untuk bahagia. Woo Yeon tersenyum saat Seung Hee berjalan di altar pernikahan, sungguh tersenyum tapi tidak dengan hatinya.

Beberapa kelebihan dari film ini yaitu, kualitas sinematografinya yang apik, sehingga penonton dapat membedakan scene pada masa lalu dan masa sekarang yang mempermudah penonton memahami alur cerita, karena ada beberapa adegan dengan alur flashback. Jalan cerita yang tidak terlalu berat, namun mampu mengguncang emosi penonton karena kemampuan acting dari para pemain dan kisah yang relate dengan kehidupan nyata. Meskipun alurnya mudah ditebak hanya dengan membaca judul film ini, jalan cerita tidak membosankan karena diselingi beberapa adegan komedi baik dari mainlead-nya maupun dari pemeran pendukung.

Baca Juga:  REPLICAS : Membangkitkan Keluarga yang Telah Tiada

Film ini menggambarkan bagaimana perjuangan kisah cinta 10 tahun lamanya, yang kita tidak pernah tahu, hanya dengan kesalahan kata atau ucapan kisah cinta itu berakhir. Film ini mengajarkan tentang kedewasaan dan bagaimana kita harus mencintai seseorang, karena cinta tidak harus memiliki, melihat yang kita cintai bahagia adalah cinta sesungguhnya. Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari film ini, terutama tentang pentingnya sebuah niat dalam melakukan segala hal, bagaimana niat Woo Yeon dari awal hanya untuk mengejar cinta sejatinya, tidak benar-benar melakukannya karena mimpinya, pada akhirnya tidak bisa mendapatkan Seung Hee dan tidak bisa menjadi atlet.  Namun, dengan adanya Seung Hee pun Woo Yeon akhirnya memiliki kehidupan baru, bertemu dengan teman, dan berbahagia.

Editor: Rynaldy Shulton G.

Bagikan: