Judul:
Interstellar

Tanggal Rilis:
7 November 2014

Sutradara:
Christopher Nolan

Penulis:
Christopher Nolan dan Jonathan Nolan

Perusahaan Produksi:
Paramount Pictures dan Warner Bros Pictures

Durasi Film:
169 menit

Diceritakan karakter Cooper yang diperankan oleh Matthew McCounaughey merupakan mantan pilot uji coba NASA yang kini menjadi petani, dan ia diberikan sebuah mandat oleh Profesor Brand (Michael Caine) untuk memimpin perjalanan ke luar angkasa mencari galaksi lain. Alasan melakukan pencarian planet di galaksi lain adalah Bumi tidak mampu menopang kebutuhan manusia untuk masa yang akan datang. Kerusakan bumi yang dimaksud seperti ladang pertanian yang rusak akibat hawar (penyakit yang serentak menyerang penduduk di daerah tertentu), badai debu yang selalu muncul, dan kehidupan tanpa adanya pemerintahan atau negara. Dalam pencarian planet di galaksi lain, mengharuskan melewati lubang cacing (Worm Hole). Lubang cacing adalah sebuah jalan pintas untuk melewati sebuah ruang, benda apapun yang memiliki massa dapat menciptakan lengkungan dalam ruang; artinya ruang dapat diperlebar, dibelokkan, atau bahkan dilipat. Karena lubang cacing itulah perjalanan antar galaksi yang seharusnya sangat jauh, namun dapat diperpendek. Dengan bantuan lubang cacing, Professor Brand berharap kepada Cooper Bersama rekannya dapat menemukan planet baru. Amelia merupakan putri dari Profesor Brand (Anner Hathaway), Doyle merupakan seorang geograf (Wes Bentley), Romily merupakan fisikawan (David Gyasi), dan robot serbaguna yang bernama Tars adalah rekan perjalanan Cooper.

Baca Juga:  Salahkah Baper?

Setelah sampai di galaksi yang dimaksud mereka harus menjemput rekan yang telah tiba dahulu untuk melakukan penelitian apakah planet yang dihuninya terdapat unsur yang membuat manusia dapat hidup di planet tersebut. Berdasarkan data transkrip kiriman dari rekan mereka yang telah dahulu tiba, maka diputuskan untuk mengunjungi tiga planet, yaitu Miller, Edmunds, dan Mann. Nama planet tersebut sesuai dengan astronot yang melakukan survei.

Interstellar merupakan film Sci-Fi, sehingga saat menonton akan mendapatkan ilmu pengetahuan, berupa teori astronomi dengan menghadirkan lubang cacing, teori gravitasi, dan dilasi waktu yang sudah terangkum dalam teori relativitas waktu milik Einstein. Film ini juga bersifat kekeluargaan, hal tersebut dapat dilihat ketika Murph (Jessica Chastain) yang merupakan anak dari Cooper dan saudara dari Tom (Cassey Affleck) yang sangat peduli terhadap anak dan istri Tom yang terkena wabah dengan memanggil ahli kesehatan. Dalam adegan Cooper dan Tars meninggalkan Amelia untuk membiarkannya pergi ke gargantua agar dapat menuju ke Planet Edmunds, pelajaran yang dapat diambil adalah jangan pernah berhenti usaha sebelum mencobanya. Uji coba yang dilakukan Cooper dan Tars membuahkan hasil dengan sampainya Amelia ke Planet Edmunds dan berhasil kembalinya Cooper dengan selamat.

Baca Juga:  Kapasitas Tak Memadai, Mahasiswa Parkir di Kantor Lembaga FTI

Alur yang disuguhkan cukup sulit untuk ditebak karena pada bagian awal film menjelaskan akhir dari cerita sehingga membuat penonton bertanya-tanya. Untuk penonton yang tidak menyukai astronomi akan merasa kebingungan yang dimaksudkan dalam film tersebut. Terdapat pula adegan yang membosankan, yaitu ketika Cooper dan Amelia melakukan perdebatan yang panjang dalam menentukan planet tujuan selanjutnya.

Editor: Meitipul Ade R.

Bagikan: