Ujian Akhir Semester Genap (UAS) di Fakultas Teknologi Industri tengah berjalan dengan cara luring. Akan tetapi, mahasiswa boleh tidak mengikuti ujian luring yang digantikan dengan ujian daring, dengan syarat mengajukan dispensasi ujian pada waktu yang sudah ditentukan. Pada Selasa, 19 Juli 2022 adalah hari pertama diadakannya ujian akhir semester, ujian dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB. Namun,  beberapa mahasiswa Teknik Industri tidak dapat mengikuti ujian di hari pertama UAS Semester Genap. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi antara dosen dengan mahasiswa sehingga adanya miss communication.

Beberapa mahasiswa mencoba untuk menghubungi dosen terkait mata kuliah, namun tidak adanya jawaban dan informasi yang diberikan. Dengan terjadinya hal terkait, mahasiswa berinisial Ana (nama samaran) dan Hasna (nama samaran) merasa kebingungan karena mereka tidak dapat mengikuti ujian.  Sebelumnya Ana dan Hasna yang telah mengajukan dispensasi mengikuti ujian secara luring, namun karena ketidakpastian jawaban yang didapat, mereka hanya bisa pasrah dan berdoa semoga ada informasi lebih lanjut. Tidak hanya Ana dan Hasna, hal ini juga dirasakan oleh inisial Khusnul (nama samaran). Khusnul mengajukan dispensasi ujian luring karena terdapat kendala ekonomi dan sedang berduka cita.

Sebelum hari pelaksanaan ujian berlangsung, terdapat mahasiswa yang mencoba menghubungi dosen terkait untuk memastikan diizinkan atau tidaknya dilakukan ujian daring. Namun, dosen terkait masih menunggu informasi dari prodi.

Pada akhirnya tanggal 20 Juli 2022, dosen memberikan informasi pada google classroom yang mana informasi tersebut berisi “Ujian akan dilaksanakan secara serentak dan akan diumumkan di classroom In Syaa Allah Senin 25 Juli 2022”. Mendengar kabar tersebut mahasiswa merasa sangat lega karena bisa mengikuti ujian susulan. Namun, dosen masih perlu mengkoordinasikan dengan prodi terkait pengajuan dispensasi yang dapat disetujui atau tidak, dikarenakan terdapat beberapa mahasiswa yang mengajukan dispensasi melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

“Senang sekali pagi hari dapat berita yang membahagiakan, tidak mungkin tiba-tiba remedial tanpa ada usaha. Pokoknya senang masih bisa mengikuti ujian”. Ucap  Ana

Terkait dengan izin dispensasi ujian luring Fakultas Teknologi Industri mempertimbangkan beberapa syarat yang dapat diajukan mahasiswa yang tertera dan dengan cara mengisi formulir pengajuan dispensasi. Mahasiswa diberikan izin ujian secara daring dengan syarat-syarat: (1) Sedang mengikuti Kerja Praktek, (2) Sedang mengikuti lomba ilmiah mewakili Prodi atau Universitas, (3) Melaksanakan Umroh atau Haji, (4) Sakit dibuktikan dengan surat dokter, (5) Tidak diizinkan orang tua yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari orang tua, (6) Alasan ekonomi yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari orang tua.

Baca Juga:  Pidato Milad UII ke - 74

Editor : Alyanada Solekah

Bagikan: