UKM atau unit kegiatan mahasiswa merupakan kegiatan pendukung yang disediakan oleh universitas untuk mahasiswa sebagai kegiatan yang dapat menunjang kebutuhan mahasiswa dalam mengembangkan bakat baik lingkup akademik ataupun non akademik. Salah satu UKM yang ada di lingkung Universitas Islam Indonesia adalah ikatan ahli teknik perminyakan Indonesia atau yang biasanya dikenal dengan nama IATMI SM UII (Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Universitas Islam Indonesia) . UKM IATMI merupakan organisasi yang dibangun/diciptakan oleh tanaga ahli profesional dalam bidang minyak dan gas indonesia. IATMI SM UII sendiri peratama kali launching pada mei 2017. Organisasi ini berada di bawah naungan teknik kimia dan IATMI merupakan organisasi lingkup universitas.

Dalam penjalanannya organisasi, IATMI SM UII ini memiliki badan kepengurusan yang disebut department, department IATMI sendiri terdiri dari 6 department yaitu BPI atau Bidang Pengurus Inti yang terdiri dari 6 pengurus antara lain president (ketua umum), vice president, secretary & vice secretary, treasurer & vice treasurer, lalu yang kedua ada department even organaizer yaitu dapartement yang bertanggung jawab atas terlaksananya semua event dan kegiatan selama satu periode kepengurusan baik kegiatan internal maupun eksternal.

Baca Juga:  Bukti AMDAL UII Ada di FTI

Selanjutnya, ada Human Resource devolevment yaitu department yang bertanggung jawab terhadap open recruitment, kualitas pengurus dan segala yang berhubungan dengan SDM yang ada di IATMI, Kemudian ada ENCM atau education and competition manager ialah dapartement yang mewadahi pengurus untuk menambah pengetahuan tentang minyak and gas, dan juga yang mangadakan program seperti IATMI class. Terdapat juga departement media and publication, yang merupakan dapartement yang bergerak dalam bidang media dan publikasi seperti linkedin, instagram. Serta yang terakhir yaitu department public relation yang bertugas sebagai penghubung IATMI dengan pihak lain seperti ketika akan akan melakukan kerja sama atau pihak-pihak yang akan melakukan kegiatan bersama seperti mentor, narasumber dan pihak luar lainnya.

Baca Juga:  Fasilitas FTI Juga Butuh Ditingkatkan

Kegiatan-kegitan yang dilaksanakan IATMI dapat berupa kegiatan ekstrernal dan internal. Kegiatan internal yang dilakukan antara lain, IATMI class yang merupakan wadah bagi pengurus IATMI itu sendiri untuk menambah wawasan bagi pengurus tentang minyak and gas yang biasanya akan diisi oleh mentor atau narasumber dari luar sebagai pembicara, kemudian IATMI writing club atau pelatihan penulisan karya ilmiah, lalu terdapat kegiatan visual traning yaitu webinar terkait pendalaman soft skill. Sedangkan untuk kegiatan ekstrnal antara lain visual traning untuk umum, silahturahmi dengan IATMI dari kampus lainnya, serta Company visit atau kegiatan kunjungan industri baik secara offline ataupun online.

IATMI memberikan pengalaman dan manfaat bagi pengurusnya serta semua mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan-kegitan yang dilaksanakan IATMI, baik secara internal maupun eksternal yang sesuai dengan harapan dari IATMI sendiri yaitu menjadi organisasi yang berkembang dengan lebih baik dalam segala bidang, dapat mencetakan dan menghasilkan hal-hal bermanfaat yang berguna dalam lingkup fakultas maupun universitas serta diharapkan dapat melahirkan SDM yang berprestasi dalam segala bidang.

Baca Juga:  Pos Kesehatan Tanpa Perlengkapan Kesehatan

Editor: Roaida Yanti

Bagikan: